profil Sathar 21

SATUAN PEMELIHARAAN 21

sat21

Satuan Pemeliharaan 21 berlokasi di Lanud Iswahjudi dan satu komplek dengan markas Depohar 20 dan Sathar 22 yang secara struktural berkedudukan langsung di bawah Komandan Depo Pemeliharaan 20.

Sathar 21 adalah merupakan Satuan Pelaksana dari Depohar 20 yang mempunyai tugas dan tanggung jawab melaksanakan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan peralatan avionik pesawat tempur serta aksesorinya yang meliputi peralatan komunikasi, navigasi, radar, peralatan elektronika senjata udara, instrument serta peralatan elektronika khusus maupun alat bantu navigasi.

Moto

Mengingat peran dan fungsi Satuan Pemeliharaan 21 yang memiliki moto yaitu : ”KEEP THE AVIONIC ALIVE“. Semboyan ini memiliki makna, bahwa Sathar 21 selalu berusaha untuk merawat dan memperbaiki peralatan avionik yang rusak hingga tetap terus dapat mendukung kesiapan avionik pesawat.

Tunggul

Selain memiliki moto, Satuan Pemeliharaan 21 juga memiliki tunggul yang diresmikan oleh KSAU pada tahun 2007 bersamaan dengan Satuan pemeliharaan lain yang berada dibawah jajaran Koharmatau. Tunggul Satuan Pemeliharaan sendiri memiliki nama ”DAYA SAMUDANA ANGREKSA BUWANA” yang mempunyai arti kekuatan yang tidak tampak secara langsung namun penentu dalam ikut serta menjaga dan mengawal kedaulatan udara nasional.